Minggu, 13 Maret 2016

Sunyi di Curug Plumbon Kebumen

Curug Plumbon
Mendung menggelayut nyaman dilangit Kecamatan Alian kala saya akan keluar rumah sekedar piknik. Mengira langit yang sama juga menaungi seluruh wilayah Kebumen. Oleh hal itu saya memutuskan untuk piknik ke tempat yang tak jauh dari rumah. Memiliki niat awal ke Wisata Alam Kedungdawa (WAK) di Desa Seliling, namun saya mengurungkan niat. Alasannya saya pikir WAK seperti sungai biasa yang tak jauh berbeda dengan sungai di barat rumah.

Akhirnya saya memutuskan untuk ke Curug Plumbon atau Curug Kali atau Air Terjun Kalicurug atau Curug Galur yang terletak di Dusun Grigak Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung. Seperti biasa tak ada teman piknik, Wulan yang sedang sibuk dengan kegiatan kuliahnya tak bisa menemani saya piknik.

Rute

Saya menempuh perjalanan menuju Pemandian Air Panas Krakal lalu ada pertigaan saya ambil kanan menuju Pasar Indrakila Krakal (Jika dari arah Kebumen Kota lewat Sruni pilih kanan, jika dari Kebumen Kota lewat Kalijaya setelah PAP Krakal kalian harus lurus). Melewati pasar yang sedang tak ramai langit makin meredup. Namun saya terus menuju utara hingga menemui SD, lalu jalan menurun lalu jembatan lalu Masjid Jerotengah lalu ada pertigaan. Saya ambil kiri (jika ingin ke Pujotirto/ Curug Wringin/ Curug Ganden/ Bukit Indrakila ambil jalan lurus) dan mengikuti jalan raya tersebut.

Pemandangan sudah bagus sesaat memasuki Desa Plumbon yang berbatasan dengan Desa Krakal. Jalanan yang juga banyak berliku yang saya lewati ini membelah perkampungan serta persawahan. Tak lama kemudian saya tiba di sebuah sekolah yang berdampingan. Saya pikir itu SMP 2 Karangsambung. Nah di depan sekolah tersebut terdapat papan kecil sekali bertulisankan ''Jurug Galur'' nah kamu bisa stop jika ada petugas yang jaga untuk parkir kendaraan. Jika tidak ada saya sarankan kamu lurus saja hingga melewati jembatan lalu ada ruma dikiri jalan. Titikan saja kendaraan kamu disitu seperti saya. Rute lengkap via Google Map Klik Disini

Soal Curug Plumbon

Curug Plumbon
Setelah parkir saya berjalan kembali menuju arah jembatan dan warung kecil dibawah sekolahan. Nah diseberang warung tersebut ada jalan menuju sungai. Saya lalu turun dan menjejaki jalan setapak di pinggir sungai. Bay nde we sungai ini namanya Sungai Grigak, dan dasar sungainya unik sekali selain tidak ada pasir/ tanah tapi batu juga memiliki garis2/ pola garis lurus berarah timurlaut-baratdaya. Setelah beberapa saat berjalan lalu ada sungai kecil setelah menyeberang jalan akan menanjak menuju atas.

Stop! Jika air sungai dangkal/ tidak banjir sebaiknya kamu memilih menyelusuri sungai seperti saya. Alasanya karena jika lewat atas kamu tidak akan bisa menikmati curug sepenuhnya. So, saya ambil lewat sungai meski basah-basah dikit karena harus memasuki kolam-kolam cantik. Tak lama berjalan nampaknya curugnya. Curug Plumbon cukup tinggi sekitar 15 meter dengan dua tingkatan. Airnya melebar dan saat itu lumayan deras. Airnya pun segar serta bening bangeeeeeeeeeet sampai warna hijau. Bagian bawah memiliki kolam dangkal setelah bagian kanan dibendung sedikit sementara di air terjun atas kolam nampaknya lebih dalam. Dari bagian bawah jika ingin keatas disediakan tangga karena sangat riskan jika harus menaiki bebatuan air terjun, licin dan terjal.

Sungai Grigak
Suasana di sekelilingnya nampak asri karena berupa hutan jati serta persawahan warga sekitar. Air terjun ini juga dianfaatkan untuk mengairi sawah warga. selain itu jugauntuk diambil airnya dengan menggunakan selang. Karena saya kesana sendiri dan disana pun sendiri sehingga suasana sepi sunyi sangat terasa. Hanya gemerujuk air terjun yang terdengar menemani saya memotret curug. Kenapa sepi? Iya karena curug ini belum dikelola serius sehingga masih sepi wisatawan.

Namun akan ramai jikaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa anak SD sebelah bubar sekolah! Dijamin curug ini akan seperti waterboom alami. Bocah-bocah akan bermain disini, terjun bebas dari atas curug dan berbagai atraksi lainnya. Jadi bagi kamu yg kesini untuk urusan fotografi hindari hari libur dan jam pulang sekolah. Setelah puas memotret dan mengambil videonya saya beranjak pulang. Ohya saya tidak dipungut biaya saat ke curug ini, maupun saat parkir. Jangan lupa like videonya di Youtube ya. Salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar