Jumat, 09 Maret 2018

Keliling Kebumen, Berkunjung ke Bukit Pentulu Indah Karangsambung

Bukit Pentulu Indah begitu ng-Hits di dunia kepariwisataan Kabupaten Kebumen The Agrocity op Java ini. Bukit yang berada di Dusun Dakah, Desa Karangsambung, Kecamatan Karangsambung ini memang sungguh mempunyai panorama alam yang sangat mempesona. Menampilkan pemandangan Pegunungan Serayu Selatan dari Bukit yang dikerumuni Hutan Pinus membuat tempat wisata ini diburu oleh wisatawan. Yok saya mulai cerita perjalanan saya menuju Bukit Pentulu Indah atau gampang disebut Bukit PI.

Kunjungan saya ke Bukit PI bersama dua sahabat saya seperti biasa, ada Rasti dan Wulan. Kapan kita kesana? sekitar setahun yang lalu XD tepatnya saat bulan Ramadan. Yak! saat itu saya memang mudik lebih awal bersama Rasti. Kita bertiga menuju Bukit PI sekitar pukul 09.00 WIB dari rumah. Perjalanan dari rumah ke Bukit Pi ditempuh dengan waktu 45 menit melewati pusat Kota Kebumen. Padahal jika mau kita bisa lewat jalur Krakal-Kaligending yang hanya memakan waktu 30 menit saja tapi karena alasan jalan rusak jadi kita memilih memutar melalui kota. Dari pusat perkotaan kebumen, Bukit PI berjarak 21 Km dengan waktu tempuh 39 menit.

Jalur yang dilalui adalah jalan kabupaten ruas Kebumen - Sadang yang melewati Karangsambung sekitar 20 Km dengan kondisi jalan bagus dan datar. Selepas melewati pusat keramaian ibukota Kecamatan Karangsambung, jalur masuk ke Bukit PI berada di kanan jalan. Siap-siap karena kita langsung dihadapkan dengan jalur menanjak sejauh 1,5 Km. Beruntung saat ini (2018) kondisi jalan menuju dusun Dakah ini sudha lebar dan diaspal. Pasalnya saat kita ke Bukit PI hanya sebagian kecil saja jalan beraspal, sisanya berupa jalan berbatu yang sangat tidak nyaman. Setelah sekira 5 menit kita akan sampai di tempat parkir wisata ini yang meruakan kawasan hutan pinus yang rindah punggungan Bukit Paras. Sebenarnya dekat saja dari jalan raya.

Di tempat parkir ada fasilitas pendukung berupa warung, musala, MCK dan beberapa wahana ciamik (saat itu belum ada). Untuk bisa menuju ataupun melihat pemandangan kita harus jalan kaki dan ''manjat'' sedikit sekitar 400 meter dengan menyelusuri jalan setapak. Sebenarnya tidak melelahkan tetapi karena berhubung dengan puasa ya kan jadi kita cukup ngos-ngosan XD. Hutan pinus merupakan dominasi wisata tempat ini sehingga tidak panas. Setelah berjalan kaki kita sampai diatas Bukit PI yang ditandai dengan penampakan pemanangan yang maha luas berupa pegunungan dan sawah dibawahya.  Ya hamparan pemandangan luas terbut merupakan lembah Sadang yang ditengahnya dialiri Sungai Lukulo yang dipagari Pegunungan Serayu Selatan. Sangat indah meski saat itu mulai terik.

Seketika kita sibuk berfoto melupakan lelah dan haus yang diderita. Terlebih thanya ada kita bertiga yang ada di tempat ini selain dua warga sekitar. Agar lebih ciamik pengelola telah menyiapkan spot kece dari ketinggian. Obwis ini bisa digolongkan yang terbersih di Kebumen loh. Bagaimana tertarik? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar