Sabtu, 01 Agustus 2015

Terbang Bersama CRJ1000 Garuda Indonesia


Sumber: Suluttoday.com
Hallo, ketemu lagi kita di blog sederhana saya ini. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mudik ke kampung halaman saya. Bukan perjalanannya namun jenis moda transportasinya. Saya pakai jet pribadi. Bukan, dalam perjalanan tahun ini saya memilih penerbangan sore hari. Saya pulang alias mudik dari Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan ke Bandara Udara Adi Sucipto Yogyakarta dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Kali ini saya bersama dua saudara saya menunggangi Garuda Indonesia dengan pesawat yang menurut saya keren. Bentuknya langsing, panjang, kecil namun nyaman. Ya, siapa lagi kalau bukan Bombardier CRJ1000 NextGen nya Garuda Indonesia. Berangakat dari Balikpapan pukul 16.40 WITA dengan nomor penerbangan GA-664 ini (Tahun 2016 terjadwal terbang Pukul 12.30 WITA) . Dari terminal bandara saya yang sebelumnya belum ''ngeh'' atau tahu pesawat kaya apa yang bakal dinaiki meski sempat dibuat aneh dengan jumlah penumpang yang menunggu di waiting room.

''Sedikit sekali,'' gumamku.


Ruang check in Bandara 

Tak lebih dari 100 kepala saat itu. Hingga akhirnya kami digiring untuk segera menaiki pesawat. Dan tak seperti pada umumnya saya dan penumpang lain (kami) tak menggunakan garbarata. Kami menggunakan tangga, turun hingga bawah gate kemudian diantar menggunakan bus menuju area parkir pesawat tersebut.

Jreng, jreng...... (norak). Pesawatnya pun menunjukan wujudnya. Pesawatnya berbadan ramping panjang dengan kapasitas 96 tempat duduk, dengan rincian 12 kursi kelas eksekutif dan 84 kursi kelas ekonomi. Bahkan tangga naiknya tak lebih dari 8 anak tangga. Wah, exicited sekali saya kali ini berkesempatan naik pesawat ini. Saya kemudian masuk dan mendapati tinggi cabin yang lebih pendek (kalau bule yang naik bakal nunduk nunduk kayakne). Bagasi cabin juga tak selebar biasanya sehingga biasaan penumpang lokal yang bawa koper segede gaban bakal susah masuk.

Namun tenang, mbak-mabak cantik siap mengambil alih barang-barang yang tak muat untuk diatruh di bagasi bawah. Sehingga saat turun nanti penumpang langsung bisa nemu tuh barang bawaannya yang segede gaban.

Kabin
Di dalamnya tersedia dua baris tempat duduk dengan dua tempat duduk dimasing-masing barisnya. Cukup lapang bagi saya dan yang paling saya suka interiornya bersih, pokoknya nyaman deh. Saat lepas landas, diatas dan mendarat pun tetap lancar jaya tak ada kendara. Pesawat ini juga lebih anteng (gak berisik) seperti pesawat lainnya. Meski kecil tapi kecepatannya tetap gak kalah dari pesawat lainnya juga.

Selama penerbangan itu kami tetap terima makanan. Saat itu kan puasa, nah bagi yang berpuasa disediakan pula untuk dibawa kerumah. Secara keseluruhan saya suka naik GA-664 dan rencananya dalam waktu dekat atau malah akan menggunakan pesawat ini tiap mudik. Sedikit mengenai pesawat ini:

36.000 feet
''Pesawat CRJ 1000 NextGen ini merupakan produk dari perusahaan Boombardier. Bombardier adalah perusahaan Kanada yang bergerak dalam bidang produksi alat dan perlengkapan transportasi, mulai dari pesawat komersial, jet, serta berbagai perlengkapan transportasi lain. Bombardier Commercial Aircraft, salah satu unit bisnis dari Bombardier Inc adalah produsen pesawat berkapasitas hingga 145 penumpang, dengan tingkat efektivitas opersional tertinggi di kelasnya.

Produk-produk Bombardier antara lain CRJ NextGen family, NextGen Q400, pesawat jet C-series, dan pesawat-pesawat berkapasitas 100-149 kursi (single aisle). Pesawat CRJ 1000 NextGen mulai dipasarkan pada 2010 dan terkenal dengan kehandalan, biaya operasional dan konsumsi bahan bakar yang efisien, dan kapasitas penumpang yang optimal. Efisiensi bahan bakar ini juga membuat pesawat CRJ 1000 NextGen berhasil mengurangi dampak pencemaran lingkungan secara signifikan.

Tampilan dan desain pesawat CRJ 1000 NextGen memiliki interior yang nyaman bagi penumpang karena dilengkapi dengan desain baru yang lebih menarik pada jendela dan panel langit-langit pesawat serta sistim pencahayaan kabin dengan teknologi lebih baik''

Garuda Indonesia, Experience.......

3 komentar:

  1. Saya juga sudah beberapa kali terbang dengan Bombardier CRJ. Memang nyaman sebagai mana biasanya GA.

    BalasHapus
  2. Saya sempat meragukan Bombardier CRJ1000NextGen Garuda Indonesia... tapi setelah mencoba Penerbangan jarak pendek Surabaya - Denpasar dalam Kondisi Cuaca kurang baik... Mendung tebal, Hujan, sesekali Halilintar ternyata sangat nyaman... Take Off, Cruise, Landing ... mantaaap... Terakhir saya ada di kabin Bombardier CRJ1000NextGen dari Palembang-Denpasar... terbang diatas laut, diatas Kota Surabaya dan sampai di Bali dalam cuaca cerah... terbang dengan nyaman

    BalasHapus