Selasa, 30 Agustus 2016

Yuk Mengenal Bukit Batu Dinding

Kali ini mau nulis dengan gaya yang santai dan singkat aja yak gaes. Buat kalian yang berdomisili di wilayah Kalimantan Timur pasti sudah pernah dengar dong nama Bukit Batu Dinding. Yak! Tempat kece ini memang cukup populer terutama di kalangan anak gaul Balikpapan, Kukar dan Samarinda. Btw dimana sih letak Bukit kece tersebut? Yak! Bukit Batu Dinding terletak di Keluarahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Koordinatenya KLIK DISINI. Adapun rute yang harus ditempuh via google map dari:


  1. Kota Balikpapan KLIK DISINI
  2. Kota Samarinda KLIK DISINI
  3. Kota Tenggarong KLIK DISINI
Dari jalan utama poros Samarinda - Balikpapan Km 45, Bukit Batu Dinding berjarak 3 Km gaes dan hanya bisa menggunakan kendaraan R2. Kemudian dilanjutkan dnegan berjalan kaki, dan medannya cukup sulit/ terjal. Tapi tenang saja gaes pemandnagan sepanjang perjalanan dijamin tak membosankan. Meski berketinggian tak lebih dari 171 meter diats permukaan air laut tapi pemandnagan yang disajikan tak mengecewakan. Kenapa dinamai Batu Dinding? Padahal nama keluarahannya Bukit Merdeka, kenapa gak Batu Merdeka? Faktanya puncak Bukit Batu Dinding memang dihiasi tatanan batu jenis batupasir yang tak lebar tapi hanya memanjang, seperti dinding.

Sepanjang puncak Batu Dinding ini luasnya sangat sempit paling lebar hanya sekiar 4 meter saja cuy jadi ya kanan kiri berupa jurang terjal dan dalam terutama ke arah timur/ tenggaranya. Jadi buat kalian yang hendak kesini diharapkan sangat hati-hati melangkah ya, apalagi banyak bebatuan disana. Dengar-dengar, bukit ini ditemukan oleh sekelompok mahasiswa geologi asal Bandung (Jawa Barat) yang sedang penelitian. You know lah kalau anak geologi lagi mapping blangsak blangsak sampai ulu hati pedalaman hutan juga dijabanin wkwkkwkw.

Bentuk bukit memanjang ini merupakan lipatan antiklin yang membentang timurluat-baratdaya sekira 50 Km mulai dari Kelurahan Sungai Merdeka, Kecamatan Samboja hingga Kelurahan Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan ditepian Sungai Mahakam. Namanya antklinnya adalah Antiklin Sakakanan, sehingga terlihatlan berbukitan memanjang tersebut bernama Perbukitan Ulu Sakakanan. Sepanjang perbukitan ini terdapat patahan/ sesar normal dan naik. Sungai sungai yang yang ada dan bersala dari perbukitan ini seperti Sungai Loahaur, Sungai Loa Janan, Sungai Merdeka, Sungai Sakakanan, Sungai Bambangan, Sungai Samboja dan anak-anak sungainya. Walaupun saya ngarang agaknya memang demikian wkwkkwkw. 

Tempat ini merpakan wisala alam baru meskipun belum dikelola dengan apik, maksimal dan resmi dan hanya dikelola oleh masyarakat setempat tapi pengunjung yang datang terglong sangat ramai. Bukit Batu Dinding memang paling cocok untuk melihat pemandangan alam hutan khas pedalaman Kalimantan. Selain itu pemandangan sunrise dan sunset nya cukup memukau pengunjung. Nah jika ingin menikmati sunrise kalian harus sampai selambatnya pukul 04.00 WIB. Sedangkan untuk menikmati sunset maksimal harus sudah sampai disana pukul 16.00 WIB. Nah diatur saja gaes, ngantuk yak....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar