Kamis, 19 Maret 2015

10 Gunung dan Bukit Tertinggi di Kebumen


Bukit Paras (510  m/dpl) di Kecamatan Karangsambung
Setelah kemarin membahas tentang nama perbukitan yang ada di Kebumen secara ngawur. Kini, saya akan memberikan informasi  ngawur lagi tentang puncak tertinggi di Kabupaten Kebumen. Tapi sebelumnya saya ingin kasih tau bahwa elevasi tertinggi di Kabupaten Kebumen ada di bagian besar utara kecamatan Sadang yang memiliki ketinggian >600 m/dpl, dalam hal ini adalah desa Kedunggong. Sebuah desa terpencil di kaki Gunung Midangan yang memiliki ketinggian lebih dari 750 m/dpl.

1. Gunung Wonoharjo (680 Mdpl)
Gunung yang belum saya ketahui nama aslinya ini saya koreksi menjadi  gunung tertinggi di Kebumen. Gunung ini berada di desa Wonoharjo kecamatan Rowokele. Sementara kaki gunung sisi timur berada di desa Giyanti kecamatan Rowokele. Bagian utara desa ini rata-rata memiliki elevasi >600 m/dpl. Dusun terdekatnya adalah Dusun Temeteskambang di Desa Wonoharjo dan Dusun Kantong di Desa Giyanti. Gunung ini adalah hulu Sungai Kretek dan juga anak sungainya yakni Sungai Lemungsur.

2. Gunung Wadasputih (654 Mdpl)
Gunung ini berada di perbatasan Desa Sampang (Kecamatan Sempor) dengan Desa Wonoharjo (Kecamatan Rowokele) tepatnya di Perbukitan Bonang-Sampang. Gunung ini memiliki beberapa blok diantara Bukit Lemiring dan Bukir Blumbungan. Salah satu dusun terdekatnya adalah Dusun Semampir di Desa Sampang. Gunung ini menjadi hulu Sungai Ijo yang bermuara ke Pantai Longending. Selain Sungai Ijo, Sungai Sampang yang memasok air ke Waduk Sempor. Sisi timur Gunung ini sangat rawan longsor terutama rockfall. Diatas gunung ini konon juga terdapat gua yang cukup terlarang dikunjungi.

3. Gunung Wagirpandan (620 Mdpl)
Gunung ini berada di sisi paling utara desa Wagirpandan kecamatan Rowokele. Dusun terdekatnya adalah Dusun Karangwuni di sisi utara dan Dusun Lemungsur di selatan. Gunung ini adalah  hulu Sungai Srengseng yang merupakan anak Sungai Kretek dan juga Sungai Klangrang yang merupakan anak Sungai Ijo.

4. Bukit Blusdron (573 Mdpl)
Bukit ini terletak di perbatasan Desa Sadangkulon dengan Kabupaten Banjarnegara. Bukit ini menjadi salah satu hulu anak Sungai Lukulo yaitu Sungai Muncar. Hampir sekujur lahan di Bukit ini digunakan untuk lahan pinus milik Perhutani. Dusun terdekatnya adalah Dusun Srisip di Kabupaten Banjarnegara .

5. Bukit Banjaran (566 Mdpl)
Bukit ini terletak di perbatasan Desa Sadangkulon dengan Kabupaten Banjarnegara atau tepat di dekat Bukit Blusdron. Bukit ini menjadi salah satu hulu anak Sungai Muncar yaitu Sungai Jombret. Hampir sekujur lahan di Bukit ini digunakan untuk lahan pinus milik Perhutani. Dusun terdekatnya adalah Dusun Srengseng di Desa Seboro. 

6. Bukit Kruwet (551 Mpl)
Bukit ini terletak diantara desa Watulawang di kecamatan Pejagoan, Desa Kajoran di Kecamatan Karanggayam, dan desa Condongcampur di Kecamatan Sruweng. Bukit ini masih merupakan puncak tertinggi dari beberapa bukit lainnya di seperti Bukit Jatiwayang di sisi utara, dan Bukit Pranji di sisi tenggara. Dusun terdekat dengan Bukit ini adalah Dusun Condong di Desa Condongcampur, Cilampeng di Desa Kajoran dan Dusun Era di Desa Watulawang. Bukit ini merupakan hulu dari Sungai Kejawang/ Kejawen yang tak lain anak Sungai Telomoyo.


7. Bukit Indrakila (548 Mdpl)
Bukit ini berada di perbatasan Kabupaten Kebumen-Kabupaten Wonosobo. Bukit ini merupakan titik tertinggi dari perbukitan yang mengelilingi Dataran Tinggi Kalipuru, Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung bagian timur. Gunung ini menjadi hulu Sungai Kalipuru/ Sungai Tekung. Dusun terdekatnya adalah Dusun Semawung di Kabupaten Wonosobo. Dari puncak bukit ini dapat dilihat Waduk Wadaslintang!

8. Bukit Igir Anjir (532 Mdpl)
Bukit ini berada di perbatasan Desa Glontor Kecamatan Karanggayam dengan Kabupaten Banjarnegara. Bukit ini mudah dijangkau karena dekat dengan perkampungan yaitu Dusun Sikebo di Desa Selogiri serta Dusun Kayubima yang berada di Kabupaten Banjarnegara. Lereng selatan Bukit Igir Anjir menjadi hulu anak Sungai Lukulo yaitu Sungai Cacaban. Selain itu juga merupakan hulu Sungai Kemit, salah satu sungai besar di Kebumen. Sementara di lereng utara dialiri Sungai Lebakmendak dan Sungai Pundungsewu yang merupakan anak Sungai Sapi di Kabupaten Banjarnegara.

9. Bukit Srisip (525 Mdpl)
Bukit Srisip terletak di perbatasan Desa Sadangkulon dengan Kabupaten Banjarnegara atau tepat di dekat Bukit Blusdron sebelah barat. Bukit ini sudah tidak asing karena di puncaknya nantinya akan dilalui oleh jalan raya penghubung Kabupaten Kebumen dengan Banjarnegara. Dusun terdekatnya adalah Dusun Srisip di Kabupaten Banjarnegara. Bukit ini menjadi salah satu hulu anak Sungai Lukulo yaitu Sungai Muncar dan Sungai Srisip yang merupakan anak Sungai Lokidang.

10. Bukit Kepudang (522 Mdpl)
Bukit Kepudang berada di Desa Kedunggong Kecamatan Sadang. Bukit Kepudang merupakan bukit yang berada di kaki Gunung Midangan. Dusun terdekatnya adalah Dusun Kepudang. Bukit ini mudah dijangkau karena dekat dengan jalan raya Kedunggong menuju Pesodongan di Kabupaten Wonosobo.

Namun bagi kalian warga Kebumen khususnya yang ingin naik ''gunung'' yang lebih tinggi langsung saja ke Gunung Midangan (1.043 Mdpl). Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dengan Kabupaten Wonosobo, akan tetapi juga dekat dengan Desa Kedunggong di Kecamatan Sadang! Oke deh sekian dulu.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar