Kamis, 19 Maret 2015

10 Desa Tertinggi di Kabupaten Kebumen

Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam
Assalamu'alaikum gaes. Selamat pagi. Hari minggu yang galau karena sedari pagi buta langit terus turun hujan. Kali ini saya bakal ngawur2an lagi dengan 10 desa/pedesaan tertinggi yang ada di Kebumen. Elevasi ini diseleksi dari ketinggian rat-rat. Jadi bukan titik tertingginya.

1. Desa Kedunggong 
Desa di kecamatan Sadang bagian utara ini memiliki elevasi rata rata 511 m/dpl. Desa ini merupakan desa paling utara di Kebumen sekaligus berada di batas wilayah dengan Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Desa ini berada pada bagian Pegunungan Serayu Selatan. Desa ini sangat rawan pergerakan tanah.

2. Desa Wonoharjo
Desa di kecamatan Rowokele bagian utara ini memiliki elevasi rata rata 441 m/dpl. Desa ini berada pada bagian Pegunungan Serayu Selatan. Desa ini berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara di bagian utaranya. Desa Wonoharjo ini berada di kaki Gunung Wadasputih (654 m/dpl). Desa ini juga rawan pergerakan tanah.

3. Desa Pujotirto
Desa di kecamatan Karangsambung bagian Timur ini memiliki elevasi rata rata 433 m/dpl. Desa ini berbatasan dengan kabupaten Wonosobo di bagian timurnya. Di desa Pujotirto terdapat Bukit Indrakila (548 m/dpl) yang sangat cocok dijadikan spot untuk melihat Waduk Wadasintang.

4. Desa Watukelir
Desa di kecamatan Ayah ini memiliki elevasi rata rata 369 m/dpl. Desa ini berada pada bagian Pegunungan Karst Gombong Selatan. Desa Watukelir ini juga rawan pergerakan tanah karena bberap tahun lalu wilayah ini pernah dilanda tanah longsor massal. Desa Watukelir juga memiliki telaga karst yakni Telaga Blembeng.

5. Desa Wagirpandan
Desa di kecamatan Rowokele bagian utara ini memiliki elevasi rata rata 364 m/dpl. Desa Wagirpandan berada pada bagian Pegunungan Serayu Selatan. Desa ini berbatasan dengan kabupaten Banyumas di sebelah baratnya. Desa Wagirpandan juga rawan pergerakan tanah.

6. Desa Kalibangkang
Desa di kecamatan Ayah ini memiliki elevasi rata rata 331 m/dpl. Desa ini berada pada bagian daratran tinggi di Pegunungan Karst Gombong Selatan bersama dengan sejumlah desa lainnya. Desa Kalibangkang juga rawan pergerakan tanah.

7. Desa Pakuran
Desa di kecamatan Buayan ini memiliki elevasi rata rata 322 m/dpl. Desa ini berada pada bagian Pegunungan Karst Gombong Selatan. Desa Pakuran memiliki sebuah telaga karst ditengah Lembah Tando yang ajaib. Desa Pakuran juga rawan pergerakan tanah.

8. Desa Condongcampur
Desa di Kecamatan Sruweng bagian ujung utara ini memiliki elevasi rata-rata 322 m/dpl. Desa ini berada di bagian Perbukitan Pranji - Condong. Desa ini berada di bawah atau tepatnya sisi selatan Bukit Kruwet/ Krewed (551 m/dpl) yang juga rawan pergerakan tanah.

9. Desa Selogiri 
Desa di kecamatan Karanggayam bagian utara ini memiliki elevasi rata rata 322 m/dpl. Desa ini berada pada bagian Pegunungan Serayu Selatan. Desa Selogiri berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara di sebelah baratnya. Desa ini juga rawan pergerakan tanah

10. Desa Watulawang
Desa di kecamatan Pejagoan bagian utara ini memiliki elevasi rata rata 299 m/dpl. Desa ini berada pada bagian Perbukitan Pranji - Condong. Desa Watulawang juga rawan pergerakan tanah. Desa ini berada dibawah Bukit Kruwet (551 m/dpl) sehingga desa ini terkenal bagi mereka yang sudah pernah mendaki Bukit Pranji dan Kruwet.

Selesai gaessss, Wassalamu'alaikum.... :D #ngopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar